September 21, 2021

BKPSDM

KABUPATEN LAHAT

PENILAIAN / UJI KOMPETENSI PEJABAT ADMINISTRATOR PEMKAB LAHAT TAHUN 2016

PENILAIAN / UJI KOMPETENSI PEJABAT ADMINISTRATOR  PEMKAB LAHAT TAHUN 2016

(diposkan oleh : Bid. Pengembangan)

Pengem1BKD.D (17/2/16) : Kegiatan Penilaian Kompetensi merupakan kegiatan untuk membuat proyeksi kemampuan manajerial dan kemampuan bidang setiap pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat. Kegiatan Penilaian Kompetensi dilakukan dengan cara mengukur dan/atau membandingkan antara kompetensi personal (kemampuan manajerial dan kemampuan bidang masing-masing pejabat) dengan kualifikasi atau syarat jabatan (standar kemampuan manajerial dan kemampuan bidang masing-masing jabatan).

Pengem2

Maksud dari kegiatan Penilaian Kompetensi adalah untuk mengetahui kemampuan atau kompetensi (baik kompetensi manajerial maupun kompetensi bidang) dari masing-masing pejabat struktural dengan kualifikasi / syarat jabatan yang melekat pada masing peserta.

Pengem3

Tujuannya adalah terselenggaranya kegiatan Penilaian Kompetensi untuk memetakan atau membuat proyeksi kompetensi pejabat-pejabat struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat pada jabatan struktural yang ada. Peta atau proyeksi kompetensi tersebut dipergunakan sebagai dasar pertimbangan Bupati Lahat selaku Pejabat Pembina Kepegawaian dan stake holders SDM Aparatur lainya untuk menyusun pengembangan karir pejabat-pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat.

Penataan penempatan dengan tetap memperhatikan rekomendasi rekomendasi hasil penilaian kompetensi personal di anggap jauh lebih rasional dan tidak terlalu menimbulkan gejolak sosial psikologis yang besar baik untuk instansi maupun personal jika dibandingkan dengan efek sosial psikologis kebijakan untuk merombak atau mengganti secara keseluruhan personal dalam jabatan. Sehingga tujuan akhir kegiatan ini adalah untuk memberikan masukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian dan stake holders yang berkepentingan terhadap pengelolaan manajemen SDM Aparatur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat dalam menentukan kebijakan pengembangan karir SDM Aparatur dalam jabatan struktural yang berpedoman atau berdasarkan pada hasil pemeriksaan dan penilaian kompetensi secara general maupun personal.

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) ASN BKN Jakarta untuk melaksanakan tahapan Assesment Center dan/atau Psikometri dan/atau Wawancara Kompetensi dan/atau Analisa Kasus atau Presentasi dan/atau Kuesioner. Kegiatan penilaian kompetensi berlangsung sekitar 4-6 hari kerja, sesuai dengan slot yang tersedia dari Puspenkom ASN BKN bahwa fasilitasi penilaian kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 4-8 April 2016 bertempat di Assessment Center Kantor Regional VII BKN Palembang.

Bahwa peserta Uji Kompetensi bagi Pejabat Administrator (Eselon III) semula direncanakan 220 orang (75 orang eselon III.a dan 125 orang eselon III.b), akan tetapi oleh karena terbatasnya penganggaran pada anggaran induk tahun 2016 sehingga hanya dapat menfasilitasi sebanyak 75 orang. Dari eselon III.a tersebut masih akan dilakukan pemilihan calon peserta lagi dengan melihat Batas Usia Pensiun yang harus lebih dari 2 (dua) tahun. Artinya pejabat eselon III. yang BUP nya kurang dari 2 tahun akan dianulir sebagai calon peserta dan digantikan oleh pejabat eselon III.b.

Pada hari Jumat 12 Februari 2016, bertempat di Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) ASN Gedung III lantai 6 BKN Jakarta, telah dilakukan penandatanganan kesepakatan pelaksanaan kegiatan penilaian kompetensi bagi pejabat administrator dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat untuk Tahun Anggaran 2016 oleh Bupati Lahat yang diwakili oleh Bapak Nasrun Aswari, SE selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat dengan Kepala Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) ASN BKN Bapak Aris Windiyato. Dalam kesempatan tersebut hadir mendampingi Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Lahat Bapak H. Syambudiono, SE., MM. selain penyerahan Master Of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman, juga dilaksanakan rapat persiapan yang membahas kepakatan tentang Standar dan Level Kompetensi Inti (Core Competencies) untuk kegiatan penilaian kompetensi bagi pejabat administrator dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat. Dalam kesempatan tersebut disepakati 12 (dua belas) kompetensi inti berikut level masing-masing kompetensi inti yang akan dijadikan pedoman atau standar pengukuran kompetensi pejabat administrator dilingkungan Pemkab Lahat. (P)