Agustus 10, 2020

BKPSDM

KABUPATEN LAHAT

PERSIAPAN CAPAI 90%, LAHAT SIAP SELENGGARAKAN SELEKSI CPNS 2019

Isna Abidarda, BA Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPSDM Kabupaten Lahat

Kamis (06/02/2020). Memasuki H-7 menjelang pelaksanaan seleksi CPNS Kabupaten Lahat Tahun Anggaran 2019, berbagai hal terkait persiapan terus dikebut pengerjaannya oleh tim Panitia Seleksi Daerah, dibawah kepemimpinan Sekretaris Daerah sekaligus ketua Panselda Kabupaten Lahat bapak Januarsyah, SH. MM, menurut informasi yang admin dapat bahwa persiapan kini sudah mencapai 90% dan hari ini pansel dijadwalkan akan melakukan pengecekan kesiapan titik lokasi (red-tilok) gedung pertemuan Pemerintah Kabupaten Lahat dan dilanjutkan dengan uji coba perangkat komputer/laptop serta jaringan internet yang telah terpasang tersebut apakah telah siap untuk penyelenggaraan seleksi menggunakan metode CAT (Computer Asissted Tes) atau belum, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat, Admin website BKPSDM Kabupaten Lahat mencoba untuk mengikuti aktivitas kerja panitia pada hari ini dan sekaligus untuk melihat sudah sejauh mana persiapan penyelenggaraan Seleksi CPNS Kabupaten Lahat. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada seluruh peserta yang akan mengikuti seleksi CPNS Kabupaten Lahat sehingga lebih mantap menatap ujian yang  pelaksanaannya dijadwalkan berlangsung selama 13 hari dimulai dari tanggal 13 sampai dengan 25 Februari 2020 yang akan datang.

TIM Teknis Panselda sedang melakukan Setting Jaringan dan Ujicoba Lab CAT

Informasi awal yang dapat kami kabarkan adalah kesiapan tilok ujian dan perangkat ujian, berdasarkan pantauan admin web ini, tilok ujian sudah siap 90% hanya tinggal menunggu tim teknis dari pansel instansi untuk melakukan uji coba komputer/laptop yang akan digunakan dan jaringan internet yang telah terpasang. Saat diwawancara oleh admin web, Kabid Pengadaan dan Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPSDM Kab. Lahat Bapak Isna Abi Darda, BA membenarkan hal tersebut. “Saat ini kondisi tilok sudah siap 90%, instalasi listrik, jaringan LAN / Internet sudah terpasang, termasuk AC serta fasilitas WC baik untuk panitia maupun peserta. Sedangkan untuk perangkat laptop yang akan digunakan peserta baru hari ini akan kami uji coba untuk memastikan seluruh perangkat dalam keadaan baik sehingga penyelenggaraan tes CPNS berjalan sukses dan tidak mengalami kendala.” Menyinggung masalah jumlah perangkat laptop yang akan digunakan untuk tes, Isna menambahkan bahwa jumlah laptop yang akan digunakan untuk pelaksanaan tes berjumlah 160 unit, 155 unit kita gunakan untuk tes sedangkan 5 unitnya kita siapkan sebagai laptop cadangan untuk mengantisipasi jika terjadi kendala dalam pelaksanaan tes, diluar dari itu pansel juga telah menyiapkan lebih kurang 20 unit sebagai tambahan cadangan. “jika dalam pelaksanaan nanti ada laptop yang bermasalah, maka langsung secepatnya kami ganti, sehingga peserta tidak akan dirugikan. Ujar beliau menambahkan.

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa terkait dengan seluruh informasi pelaksanaan CPNS Kabupaten Lahat tahun 2019 peserta harus berpedoman kepada informasi yang disampaikan melalui Portal Resmi Instansi dalam hal ini website BKPSDM Kabupaten Lahat di alamat  https://bkpsdm.lahatkab.go.id  karena website inilah yang telah didaftarkan secara resmi ke Panselnas melalui Aplikasi https://sscasn.bkn.go.id. Jadi harapan beliau peserta dapat memantau terus informasi yang disampaikan pada website tersebut.

Informasi kedua terkait dengan teknis pelaksanaan seleksi, ada beberapa hal yang dapat disampaikan yaitu peserta wajib hadir 60 menit sebelum pelaksanaan seleksi, selanjutnya peserta yang baru masuk pintu gerbang tilok seleksi akan diperiksa oleh petugas yaitu dari Pansel BKPSDM dibantu oleh POL PP adapun yang diperiksa adalah identitas/KTP Peserta dan Kartu Peserta, disini petugas akan mengidentifikasi wajah peserta dengan KTP dan foto yang tercetak di kartu peserta, kemudian memastikan pakaian yang digunakan adalah kemeja putih dengan kombinasi celana/rok hitam sedangkan bagi peserta wanita yang menggunakan jilbab dapat menyesuaikan, selanjutnya panitia akan menghimbau peserta untuk tidak membawa barang-barang bawaan ke tilok seleksi. Setelah melalui tahapan pemeriksaan awal, peserta selanjutnya diarahkan ke meja registrasi untuk mendapatkan PIN Registrasi dan langsung mengisi absensi. Bagi peserta yang telah registrasi dan absensi peserta dapat menitipkan barang bawaan (jika masih ada) kepada petugas dan selanjutnya menunggu di ruang tunggu yang telah disiapkan.

Saat memasuki ruang CAT peserta akan kembali diperiksa oleh petugas untuk memastikan tidak ada barang peserta yang dibawa masuk kedalam ruangan kecuali KTP dan Kartu Ujian begitu seterusnya sebagaimana alur proses seleksi yang pernah disampaikan melalui web ini. Saat dikonfirmasi terkait masalah ini, Isna membenarkan bahwa proses tersebut merupakan prosedur tahapan yang harus dilewati peserta berdasarkan Peraturan Kepala BKN Nomor 50 Tahun 2019 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi Dengan Metode CAT.

Berkenaan dengan sanksi yang akan diterima oleh peserta jika melakukan pelanggaran tata tertib pelaksanaan seleksi SKD yaitu dapat berupa teguran lisan, dibatalkan sebagai peserta tes hingga peserta dikeluarkan dari ruangan dan dinyatakan gugur “Peserta wajib registrasi 60 menit dan ditutup 5 menit sebelum ujian dimulai, bagi peserta yang terlambat melakukan registrasi dapat menyebabkan yang bersangkutan dinyatakan GUGUR” tegas beliau.

Ditempat terpisah, Drs. M. Aries Farhan, M.Si Kepala BKPSDM Kabupaten Lahat menyampaikan apresiasi kepada segenap pansel yang telah bekerja keras sejak bulan oktober 2019 hingga sekarang, serta menghimbau kepada peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat mengikuti seleksi CPNS Kabupaten Lahat Tahun Anggaran 2019 dengan baik dan sukses, berkenaan dengan ini beliau juga mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak percaya kepada pihak-pihak yang menjanjikan dapat meloloskan peserta menjadi CPNS, jika ada pihak-pihak yang menawarkan hal tersebut hendaknya untuk tidak segan-segan melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Beliau juga menambahkan bahwa saat ini ada 9282 peserta seleksi 3 diantaranya tidak ikut ujian karena merupakan peserta P1/TL tahun 2018, dari sejumlah peserta tersebut akan diterima sebanyak 370 orang berdasarkan formasi yang disetujui Menteri PANRB, harapan kami 370 peserta yang lulus seleksi nantinya merupakan putra-putri terbaik yang akan mendukung program Pemerintah Kabupaten Lahat menuju Lahat Bercahaya. (AF).