Desember 4, 2020

BKPSDM

KABUPATEN LAHAT

WORKSHOP PENGEMBANGAN KOMPETENSI ASN

LAHAT- Pembukaan Workshop Pengembangan Kompetensi ASN Satu Pintu di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lahat, “Kita Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Aparatur Sehingga Terwujudnya Sosok ASN yang Mempunyai Kompetensi Pendidikan dan Pelatihan Dalam Melaksanakan Tugas Melayani Masyarakat”, bertempat di Meeting Room Hotel Bukit Serelo Lahat, Senin (21/9).Sistem Informasi dan Pengembangan Kompetensi (SI PETI), dimana database seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tersimpan didalam aplikasi Si Peti. Misalnya, sertifikat kompetensi, data kompetensi yang dibutuhkan, data-data kepegawaian, Harapan, terpadu dimana instansi mengadakan pelatihan dengan BKPSDM, sehingga kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan database.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Januarsyah Hambali SH.MM, Narasumber dari BKPSDM Provinsi Sumatera Selatan dan BKPSDM Kabupaten Lahat, Kepala Dinas BKPSDM Kabupaten Lahat Drs. M.Aries Farhan, M.Si beserta jajarannya, Kepala OPD serta peserta pelatihan.Kepala Dinas BKPSDM Kabupaten Lahat Drs. M.Aries Farhan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan laporan, bahwa tujuan dari pelaksanaan workshop ini untuk mewujudkan penerapan manajemen atau pengelolaan pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lahat yang lebih terarah, terpadu, efektif, efesien, berkelanjutan dan akuntabel, pada akhirnya terbentuk sosok ASN yang mempunyai kompetensi pendidikan dan pelatihan dalam menjawab tuntutan di dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Lahat.”Kedepan kami rencanakan merintis satu aplikasi mandiri, seperti aplikasi pengembangan kompetensi Sistem Informasi dan Pengembangan Kompetensi (SI PETI), oleh karena itu diperlukan sosialisasi terlebih dahulu agar dapat berjalan dengan baik dan lancar”, tuturnya.

Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto, SE.MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) memegang peranan penting dalam berjalannya suatu pemerintahan. Organisasi sektor publik sebagai penyedia jasa atau layanan yang bersifat intagible. Tujuan utama pengembangan kompetensi ASN satu pintu untuk mewujudkan penerapan manajemen atau pengelolaan pengembangan kompetensi ASN di Kabupaten Lahat yang lebih terarah, terpadu, efektif, efesien, berkelanjutan dan akuntabel, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pemetaan kompetensi yang dilakukan melalui workshop pengembangan kompetensi satu pintu.”Diharapkan para peserta dapat mengikuti workshop ini dengan baik, sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan”, ujarnya. (Sumber Gambar dan Berita : Kominfo Lahat)