Januari 20, 2022

BKPSDM

KABUPATEN LAHAT

PENERAPAN KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI ASN SATU PINTU, BKPSDM LAHAT GUNAKAN APLIKASI SIPETI!

Drs. M. ARIES FARHAN, M.Si (Kepala BKPSMD Kabupaten Lahat)

BKPSDM Kab. Lahat. Jum’at (15/10/2021) Dalam rangka memberikan perubahan dan inovasi dalam penataan Sumber Daya Manusia melalui Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi sehingga terciptanya mekanisme pengembangan kompetensi yang efektif dan efisien serta untuk meningkatkan mutu pelayanan publik khususnya di bidang pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia secara tersistem dan berbasis aplikasi. BKPSDM Kabupaten Lahat telah dan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kepegawaian.

Beberapa langkah yang telah dilakukan saat ini adalah melalui pembuatan beberapa aplikasi dimana salah satunya adalah aplikasi Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi (SIPETI). Aplikasi SIPETI dirancang sebagai sistem yang nantinya digunakan sebagai Aplikasi perencanaan dan pengelolaan pengembangan kompetensi ASN yang terintegrasi berbasis teknologi informasi, hal ini bertujuan menghimpun data kebutuhan diklat pada masing-masing SKPD dalam upaya peningkatan kompetensi ASN di Pemerintah Kabupaten Lahat

Berkenaan dengan penerapan kebijakan pengembangan kompetensi ASN satu pintu menggunakan aplikasi SIPETI, bahwa pada hari Jumat 15 Oktober 2021 telah di laksanakan sosialisasi pada beberapa SKPD/Kecamatan yang menjadi Pilot Project ini. Adapan SKPD/Kecamatan yang menjadi Pilot Project adalah sebagai berikut:

1. Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat

2. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat

3. Dinas PolPP dan Pemadam Kebakaran

4. Kantor Kecamatan Pulau Pinang 5. Kantor Kecamatan Gumay Talang

Sosialisasi Penerapan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN Satu Pintu menggunakan Aplikasi SIPETI

Dengan telah dilaksanakannya sosialisasi tersebut, diharapkan masing-masing SKPD dapat melaukan input data pegawai pada masing-masing unit kerjanya, serta menginput data terkait dengan perencanaan kebutuhan diklat dan mengajukan usul diklat melalui menu pendaftaran diklat pada aplikasi ini, dengan demikian diharapkan kegiatan perencanaan dan Pengelolaan Pengembangan Kompetensi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat dapat terintegrasi dan terencana dengan baik. (bkpsdm).